Sabtu, 25 Juli 2020

IGI UNTUK GURU INDONESIA

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi guru yang diinisiasi tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali. Klub Guru Indonesia secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009. Pada Surat Keputusan tersebut, Klub Guru Indonesia berubah nama menjadi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan dipimpin oleh Ketua Umum Satria Dharma dan Sekretaris Jenderal Muhammad Ihsan dari IGI Wilayah Jawa Timur serta Ketua Dewan Pembina Indra Djati Sidi dari Wilayah Jawa Barat.

Selain mengembangkan IGI wilayah dan daerah, duet Muhammad Ramli Rahim dan Mampuono tetap fokus pada peningkatan kompetensi guru. Terkait peningkatan kompetensi guru ini, IGI menyelenggarakan kegiatan workshop, diklat, seminar, hingga simposium. Pada 2016 silam, IGI pun mengembangkan seratus organisasi guru mata pelajaran tingkat nasional yang disebut IGMP atau Ikatan Guru Mata Pelajaran.

Salah satu program IGI, yaitu sagusablog (satu guru satu blog) pada tanggal 11-17 Juli 2020, dan kegiatan IGI yang sedang berlangsung yaitu sagusablog lanjutan gelombang 45, tepatnya pada tanggal 23-29 Juli 2020.

Guru belajar ngeblog

Kegiatan sagusablog lanjutan gelombang 45,  ini sangat bermanfaat bagi guru karena dapat menambah wawasan terhadap pengetahuan blog dan menyusun pembelajaran on-line, sehingga peserta didik dengan mudah mengakses materi dan soal-soal dari guru. Kegiatan ini dibagi menjadi 20 kelas dan setiap kelas terdiri dari 14 peserta, didampingi 2 mentor, yaitu Komang widiawati dan Yuli hartati R, dibantu oleh pak @iwayanlaba106, serta founder Sagusablog yaitu Master @mrmung. Salah satu tampilan vidio pembelajaran yang digunakan di sagusablog lanjutan, sebagai berikut:

   

Kegiatan ini sangat bagus, karena master telah menyediakan modul, vidio, dan kelas sebagai tempat belajar dan diskusi. Saya sangat bersyukur bisa mendaftar dalam kegiatan ini, semoga kegiatan seperti ini akan terus berlangsung. Dan semoga IGI tetap berjaya.


0 komentar:

Posting Komentar